Foundations of Information Systems in Business
Tujuan belajar
Konsep dasar dan kerangka kerja SI dalam pelaksanaan tugas-tugas manajemen untuk membawa organisasi dan bisnis memiliki keunggulan kompetitif.
1. Menjelaskan bagaimana SI dapat mendukung proses bisnis, pengambilan keputusan manajerial, dan berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif.
2. Menjelaskan beberapa jenis utama SI dalam organisa si bisnis.
3. Menjelaskan tantangan dan peluang dalam mengelola, pengembangan SI dalam bidang bisnis.
3.Menjelaskan komponen-komponen SI berupa hardware, software, data, jaringan sebagai sumber daya dalam melakukan aktivitas SI untuk mengubah sumberdaya data menjadi produk informasi
(dalam bisnis)
Kerangka kerja SI
(pokok bahasan SI)
Konsep-konsep dasar: Konsep dasar keperilakuan, teknis, bisnis, dan manajerial. Meliputi a.l. konsep SI berdasar dari terori dan sistem pendukung keunggulan kompetitif.
Teknologi informasi: Hardware, software, jaringan, manajemen data dan teknologi berbasis internet.
Aplikasi busnis: Pengg
unaan utama SI dalam organisasi (operasi, manajemen, dan keungulan kompetitif)
Proses pengembanan: Perencanaan, pengembangan, dan implementasi SI untuk memenuhi peluang bisnis.
Tantangan manajemen: Ta
ntangan secara efektif dan etis mengelola TI pada tingkat pemakai akhir.
3 Peran utama SI dalam aplikasi bisnis
Sistem pendukung operasi
Sistem pendukung o
perasi meliputi :
Efisiensi dalam proses s
transaksi bisnis
.
Mengendalikan proses industrial
Mendukung komunikasi dan kerjasama
Memperbaha
rui database perusahaan.
Sistem pendukung manajemen
Sistem penduduk
ung manajemen :
Memberikan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh manajer.
Beberapa jenis sistem pendukung manajemen
Management Information Systems (MIS)
Memberikan in
formasi dalam bentuk laporan dan tampilan pada manajer.
Contoh : laporan analisis penjualan harian.
Decision Support Systems (DSS)
Memberikan dukungan pada manajer selama proses pengambilan keputusan.
Contoh : Analisis what-if untuk menguji dampak berbagai anggaran iklan atas prediksi penjualan.
Executive Information Systems (EIS)
Memberikan informasi penting u
ntuk eksekutif dan manajer.
Contoh : kemudahan
dalam berbagai area utama kinerja organisasi dan persaingan.
Sistem operasi maupun manajemen
Expert Systems
Memberikan saran pakar untuk tugas-tugas dasar operasi, misal diagnsan perelngkapan, atau keputusan manajerial.
Knowledge Management Systems
SI berbasis penge
tahuan yang mendukung pembentukan, penaturan, dan penyebaran pengetahuan bisnis ke para pegawai dan manajer.
Ukuran keberhasilan
- Effisciency
- Meningkatkan biaya,waktu dan pengguna sumber daya informasi
- Effectivaness
- Mendukung strategi bisnis
- Memungkinkan proses bisnis
- Meningkatkan struktur organisasi dan budaya
- Meningkatkan nilai pelanggan dan bisnis perusahaan
Pengembangn solusi IS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar